Cara Memilih ACP

Kenapa kita perlu tau cara memilih ACP dengan tepat?

Pada dasarnya ACP itu terbagi menjadi 2 kategori, yaitu untuk indoor dan outdoor. Kedua kategori ini mempunya bentuk yang sama dan juga ketebalan yang sama pula (biasanya 4mm). Namun apa yang membedakan? yang membedakan antara keduanya adalah lapisan luarnya.

Perlu diperhatikan, untuk pemasangan outdoor kita perlu memilih ACP dengan tipe Polyvinylidene Difluoride (PVDF). Sedangkan jika kita memasang untuk keperluan indoor maka ACP yang kita pilih adalah Polyester (PE). Dari segi harga tipe PE cenderung lebih murah dibandingkan PVDF. Hal ini karena pada proses produksinya, tipe PE hanya terdiri dari satu lapisan , tetapi untuk ketahanan cuaca dan sinar UV tidak terlalu baik. Tipe PVDF sedikit lebih mahal, akan tetapi sistem proteksinya lebih tahan lama, ketahanan terhadap cuaca lebih baik.

Apabila terhambat biaya dan terpakasa menggunakan tipe PE untuk outdoor, maka dianjurkan untuk memilih warna-warna ACP yang relatif terang. Warna terang lebih tahan terhadap cuaca dibandingkan warna – warna gelap yang akan langsung pudar dalam waktu singkat.

Selain memperhatikan pelapis, kita juga harus memperhatikan ketebalannya. Semkain tebal tentu lebih mahal. Namun kita dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Supaya dapat menghemat dana dengan tepat.

Untuk penggunaan ketebalan ACP, gunakan ukuran tipe 0.21mm atau 0.3 mm untuk ruko 2 sampai 4 lantai. Karena beban fisik terhadap angin dan hujan tidak terlalu besar. Masih tergolong aman untuk digunakan pada gedung lantai 6. Diatas itu, dianjurkan untuk menggunakan tipe 0.5mm.

Demikian hal – hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ACP. Semoga bermanfaat.

sumber : http://www.desainruko.com/cara-memilih-acp

Baca Juga : Merawat dan Membersihkan Lapisan ACP Eksterior

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *